a place where you can read, hear, and watch my expression.. about me, my life and everything.. enjoy..

Rabu, 24 April 2013

Bank Syariah vs Bank Konvensional

Oke, yang bakal saya tulis bukanlah pembahasan mendalam di bidang ekonomi. Ini hanya tulisan seorang nasabah bank biasa.
***
Ketika masih duduk di bangku SD, saya mulai mengenal Bank. Saat itu saya dibukakan rekening di salah satu bank yang cukup ternama, dengan pengampu Ibu saya (karena saat itu saya belum punya identitas sendiri). Saat smp, ketika saya sudah memiliki kartu pelajar, saya mendaftarkan diri sebagai salah satu nasabah di bank konvensional yang lain. Di bank yang ternama di Indonesia ini, walaupun sifatnya hanya sebagai tempat transit uang sementara, saya mendapatkan banyak kemudahan. ATM yang tersebar dimana-mana, diterimanya kartu debit bank tersebut sebagai alat pembayaran di berbagai tempat, kemudahan dalam melakukan transaksi melalui internet banking, dan lain sebagainya.

Kemudian muncullah Bank Syariah di Indonesia. Bank syariah adalah bank yang pengelolaannya berpegang pada prinsip ekonomi islam. So, dalam bank syariah tidak mengenal bunga bank, yang ada yaitu bagi hasil.
Berdasarkan artikel di wikipedia, inilah perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional:

Bank Syariah
  • Melakukan hanya investasi yang halal menurut hukum Islam
  • Memakai prinsip bagi hasil, jual-beli, dan sewa
  • Berorientasi keuntungan dan falah (kebahagiaan dunia dan akhirat sesuai ajaran Islam)
  • Hubungan dengan nasabah dalam bentuk kemitraan
  • Penghimpunan dan penyaluran dana sesuai fatwa Dewan Pengawas Syariah

Bank Konvensional
  • Melakukan investasi baik yang halal atau haram menurut hukum Islam
  • Memakai perangkat suku bunga
  • Berorientasi keuntungan
  • Hubungan dengan nasabah dalam bentuk kreditur-debitur
  • Penghimpunan dan penyaluran dana tidak diatur oleh dewan sejenis

Hari ini saya telah resmi menjadi salah satu nasabah Bank Syariah. Terlepas dari sistem pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip islam yang tentunya lebih sesuai dengan syariah, saya masih merasakan bahwa pelayanan atau fasilitas yang ditawarkan oleh Bank Syariah masih minim bila dibandingkan dengan Bank Konvensional. Tentu saja, sebagai umat islam, saya sangat sepakat dan mendukung dengan adanya sistem perbankan syariah ini. Namun, sebagai nasabah, jika saya diharuskan untuk memilih produk tabungan yang ditawarkan, saya akan lebih memilih produk yang ditawarkan oleh bank konvensional karena fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan. So, saya yang tadinya berminat beralih ke bank syariah seutuhnya malah jadi tetap mempertahankan rekening saya di bank yang lama. Hmm. Biaya administrasi bulanannya malah jadi double deh. But it's okay, saya tetap berusaha mendukung perkembangan bank syariah di Indonesia.

Oleh karenanya, sebaiknya Bank Syariah di Indonesia khususnya bisa dapat lebih meningkatkan pelayanannya kepada nasabah, agar perkembangan perekonomian berbasis syariah di Indonesia bisa tumbuh dengan lebih cepat, dan nasabah bank konvensional pun tidak ragu untuk pindah ke bank syariah. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar