a place where you can read, hear, and watch my expression.. about me, my life and everything.. enjoy..

Rabu, 26 Oktober 2011

Tryout UKDGI (Part 1)

Hari ini, saya bersama 39 orang lainnya terdaftar menjadi volunteer ujicoba CBT UKDGI atawa Computer Based Test Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia. Jadi rencananya itu terhitung tahun 2012, UKDGI nggak akan dilakukan secara manual lagi alias nulis di kertas jawaban atau lembar jawaban komputer lagi, tapi langsung menggunakan media online. Dan ujiannya pun nggak cuma tentang pemahaman kasus dan teori aja, mulai taun depan, kalau nggak ada perubahan akan ada yang namanya ujian OSCE. Dimana dokter gigi yang diuji akan diberikan sebuah situasi dan diperintahkan untuk memperagakan/menulis/bercerita tentang suatu situasi yang merupakan simulasi perawatan yang seharusnya dilaksanakan oleh dokter gigi pada pasien. Hmm. Bingung? Maksudnya dokter gigi juga akan diuji skillnya bukan otaknya aja. Misalnya kita diperintahkan untuk memperagakan cara melakukan anastesi lokal pada nervus naso palatinus, atau melakukan tumpatan amalgam pada gigi pasien, melakukan penyuluhan pada ibu-ibu PKK, dan lain sebagainya. Hoho. UKDGI nantinya akan dibagi kedalam 2 hari, satu hari untuk CBT dan 1 hari untuk OSCE.

Hari ini, saya mengikuti tryout CBT, program yang digunakan cukup mudah dimengerti, sayangnya dari beberapa soal yang diberikan, terdapat beberapa istilah yang berbeda dengan yang biasa digunakan di institusi saya. Misalnya, pegas yang biasa digunakan untuk menggerakkan gigi anterior ke labial adalah pegas cantilever ganda, tapi dipilihan jawaban yang tersedia, istilah2 yang digunakan sangat berbeda. Bingung to? Nah seharusnya, kalau ada ujian kompetensi yang dilakukan oleh pusat, tentunya diperlukan juga penyeragaman kurikulum serta istilah yang digunakan pada saat pembelajaran. nggak lucu kan kita nggak lulus hanya karena nggak tau istilah lain dari pegas cantilever ganda. Hmm.

Nah besok hari kedua tryout. Yaitu tryout OSCE. Mikirinnya ada udah deg2an. Berasa ujian profesi lagi, euy. Hiiiy. *tiba2 merinding disko. Let's see what will happen tomorrow. And I'll tell you about that.
Pray for me, please. See you. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar