a place where you can read, hear, and watch my expression.. about me, my life and everything.. enjoy..

Minggu, 18 Juli 2010

tentang buku

hasrat ingin membaca saya sedang tinggi, dan belakangan ini goodreads jadi salah satu situs yang wajib buat dikunjungi. Saya juga sudah bergabung dalam group Goodreads Indonesia, walaupun belum aktif (baru aja ikutan).

melihat cara pandang mereka mengenai buku, makin membuat saya tertarik untuk mengembangkan hobi saya yang satu ini. Beberapa anggota goodreads mereview salah satu buku favorit saya 5 cm karya Donny Dhirgantoro. Awalnya saya cukup takjub bahwa tidak semua orang menyukai buku ini seperti saya menyukainya. Tapi, oke, ini adalah masalah selera.

This is my review about 5 cm @goodreads:

"Buku ini keren banget deh. Nyeritain tentang persahabatan dan perjuangan meraih mimpi. Sbenernya alur cerita biasa aja. Tapi makna di balik gaya cerita yang ringan bener2 mengena. Cocok banget buat dibaca kalo kita lagi kesepian ato lagi down, karena bisa bikin semangat lagi. Cool..!!"

Dari goodreads saya juga menemukan sebuah buku yang berjudul Leading at The Higher Level karya Ken Blanchard. Lumayan lah untuk menambah pengetahuan di bidang Organisasi yang saya geluti. Salah satu poin penting yang saya temukan adalah mengenai 4 tipe kepemimpinan. Blanchard mengemukakan 4 tipe kepemimpinan yang terdiri dari:

1. Directing --> Gaya ini tepat sekali bila kita dihadapkan dengan tugas yang rumit dan staf kita belum memiliki pengalaman dan motivasi untuk mengerjakan tugas tersebut. Sebagai pemimpin, kita menjelaskan apa yang perlu dan apa yang harus dikerjakan.

2. Coaching --> Pemimpin tidak hanya memberikan detil proses dan aturan kepada karyawan tapi juga menjelaskan mengapa sebuah keputusan itu diambil, mendukung proses perkembangannya, dan juga menerima barbagai masukan dari karyawan. Gaya ini cocok untuk staf yang telah lebih termotivasi dan berpengalaman dalam menghadapi suatu tugas.

3. Supporting --> Pemimpin memfasiliasi dan membantu upaya karyawannya dalam melakukan tugas. Pemimpin tidak memberikan arahan secara detail, tetapi tanggung jawab dan proses pengambilan keputusan dibagi bersama dengan karyawan. Pemimpin sebaiknya meluangkan waktu untuk berbincang – bincang, untuk lebih melibatkan mereka dalam penganbilan keputusan kerja, serta mendengarkan saran – saran mereka mengenai peningkatan kinerja.

4. Delegating --> Pemimpin mendelegasikan seluruh wewenang dan tanggung jawabnya kepada karyawan. Gaya ini akan berjalan baik apabila staf sepenuhnya telah paham dan efisien dalm pekerjaan, sehingga pemimpin dapat melepas mereka menjalankan tugas atau pekerjaan itu atas kemampuan dan inisiatifnya sendiri.


Banyak rekomendasi buku yang saya dapatkan di situs ini. Can't wait to read another good book. Goodreads.. Yeah..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar