a place where you can read, hear, and watch my expression.. about me, my life and everything.. enjoy..

Selasa, 06 Agustus 2013

Nikah Kantor

First of all.. *jengjengjeng
Insya Allah, I'll get married in next few months.

Sebelum kelupaan nih, mau cerita dikit ah tentang "Nikah Kantor". So, about 1 week ago, I went to my future husband's office to do this procedure. Buat saya yang awam tentang hal kedinasan terutama dunia militer, prosedur ini masih tergolong asing buat saya. Nah, jadi buat yang belum tahu nikah kantor itu apa, nikah kantor ini adalah istilah untuk prosedur yang harus dijalani calon pengantin yang salah satunya berasal dari instansi militer (TNI/Polri) untuk mendapatkan surat ijin/rekomendasi nikah dari instansi tersebut. Surat ijin ini adalah salah satu syarat administrasi yang harus dipenuhi untuk pendaftaran nikah di KUA.

Apa saja yang dibutuhkan untuk mengurus surat ijin ini? Ini persyaratan administrasi yang dibutuhkan:
1. Dokumen N1, N2, N4 dan PM1 WNI dari kelurahan domisili
2. SKCK calon istri dan orang tua istri
3. Fotokopi KTP dan KK calon istri dan orangtua calon istri
4. Fotokopi akte kelahiran calon istri
5. Surat keterangan bekerja dari atasan calon istri (bila bekerja)
6. Pas foto 4x6 tertulis 2 lembar, namun ternyata butuh lebih dari itu, so siapkan aja sebanyak2nya (at least 10 lembar).
Kira2 itu yang dibutuhkan selain ada beberapa form yang harus diisi yang formatnya didapatkan dari kantor secara turun temurun. Sebelum mengurus prosedur ini ke instansi yang bersangkutan, pastikan bahwa semua dokumen telah lengkap difotokopi yang banyak (at least @10 lembar) dan dokumen aslinya dibawa. Khusus untuk form yang didapatkan secara turun-temurun tadi, pastikan juga bahwa format serta nama pejabat (nama, gelar, jabatan, dll) yang tercantum pada form adalah data yang up to date. Karena, biasanya kalau tidak dicek dan ricek sebelum digandakan, kesalahan umumnya ada disini. Jangan sampai sudah digandakan banyak-banyak, eh salah. -_-'
Kalau seluruhnya sudah siap, baru deh ke kantor.

So, apa saja sih prosedur yang harus dijalani dalam proses nikah kantor ini? Perlu dicatat bahwa mungkin terdapat perbedaan prosedur di tiap-tiap kesatuan, ini adalah gambaran prosedur nikah kantor yang saya alami di Mabes AU.
1. Tes Kesehatan : Banyak desas-desus yang beredar mengenai tes kesehatan yang harus dijalani. Ternyata yang saya alami hanya tes kehamilan saja, menggunakan test pack.
2. Menghadap ke beberapa pejabat berwenang : Terdapat beberapa pejabat di beberapa bagian yang harus kita temui sebelum akhirnya mendapatkan surat ijin menikah. Akan saya ceritakan sedikit tentang bagian yang perlu perhatian khusus.
- INTEL: kami diberi satu bundel form yang harus diisi mengenai latar belakang diri semacam form biodata tapi isinya lengkap dan terperinci. Form ini harus ditulis tangan pada saat itu juga. Bagian ini bakal bikin tangan keriting. Hehe. Karena tujuannya untuk Security Clearance, makanya kita harus mengisi data selengkap2nya.
- BINTAL: Setelah kita mendapatkan hasil tes kesehatan, menghadap serta mendapatkan tandatangan dari beberapa pejabat yang bersangkutan, kita akan menghadap ke bagian ini untuk diberi pembekalan khususnya mengenai agama. Akan ada banyak pertanyaan disini, mulai dari apakah sudah yakin dan siap menghadapi konsekuensi sebagai istri tentara, kenapa tertarik satu sama lain hingga pertanyaan mengenai rukun islam, cara beribadah, hafalan surat, dll. Pada prinsipnya, di bagian ini kita diberi pengarahan tentang kehidupan berumah tangga dari segi keagamaan maupun kehidupan kemiliteran yang nantinya akan dialami sebagai istri/pasangan seorang tentara yang harus siap setiap saat untuk bertugas.

Intinya sih, kita harus mempersiapkan fisik dan mental pada saat menjalankan prosedur ini di kantor calon pasangan hidup kita. Siap fisik karena kita akan mondar-mandir untuk menghadap ke beberapa pejabat yang terkait. Mental juga harus siap khususnya kita harus sabar, karena tidak jarang kita harus menunggu pejabat yang terkait karena belum tentu yang berwenang 'available' ketika kita akan menghadap. Apabila ternyata yang bersangkutan tidak ditempat, mau tidak mau kita harus kembali di hari lainnya. Kita juga tentunya akan diperkenalkan dengan rekan-rekan kantor pasangan kita, so don't forget to smile. :)

Mungkin itu dulu yang bisa saya ceritakan kali ini. Alhamdulillah proses ini sudah saya dan calon suami jalani dengan lancar. So, let's prepare for the next step. :D

48 komentar:

  1. wah......... akhirnya nemu juga...
    mbak.... makasih bnyak ya....
    saya udah browsing ampe capek sendiri...
    penjelasannya lebih mudah dimengerti...
    saya belajar sebelum pengajuan nikah...
    calon suami saya udah ajarin tp sy masih penasaran :D
    saya takut ada yg salah nanti..
    krn calon suami tugasnya di rindam jaya..
    sedangkan saya dimakassar sedang ngurus skripsi..
    skali lg makasih mbak... :')

    evi-makassar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bermanfaat. Semoga dilancarkan segala urusannya ya mbak evy. :)

      Hapus
  2. Mbak, Apakah kalau sudah nikah kantor itu sudah resmi menjadi suami istri secara agama islam? Karena adik saya mau menikah, tapi harus nikah kantor dulu, sedangkan nikah di KUA menyusul. Terimakasih jawabannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nikah kantor itu sebenarnya hanya istilah saja, untuk pengajuan ijin nikah ke instansi. Ijin dari instansi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk pengajuan nikah ke KUA untuk anggota Polisi dan TNI. Untuk sahnya pernikahan tentu setelah adanya ijab kabul secara Islam dan tercatat di KUA. Semoga bermanfaat. :)

      Hapus
    2. Kalau hbs nikah kantor trs tdr seranjang hamil berti nikah nya blm sah ya.. berti blm muhrim.ya

      Hapus
  3. mba...klo nikah mantor gitu ada jangka waktunya ga, untuk menuju nikah di kua? atw bisa ga jika batal nikah resmi nya?ada sangsinya ga buat para anggota nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbak rara. setahu saya surat ijin menikah yang dikeluarkan instansi ada saat nikah kantor berlaku selama 3 bulan. Mengenai sanksi apabila batal menikah, saya kurang tahu. Semoga bermanfaat. :)

      Hapus
  4. Semoga informasi nya bermanfaat m.

    BalasHapus
  5. Halo mbak, mau tny kl skg tes ksehatan msh cek dlm gak ya? Malu hehehe thank you

    BalasHapus
  6. Hai, mbak Diah. Waktu itu tes kesehatan yang saya alami hanya tes kehamilan saja menggunakan TP, tanpa pemeriksaan yang lain. Tapi mungkin saja ada perbedaan prosedur di satuan yang lain. Semoga bermanfaat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksih banyak info nya sangat bermanfaat mba, deg degan sekali rasanya menuju pengajuan mba,
      semoga diberi klncran sprti mba :)

      Hapus
  7. assalamualakum mb esti.. maw tanya wkt nikah kantor hrs pakai kbaya n rias gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam. nggak kok. pakaiannya yang penting rapi dan sopan. bisa menggunakan pakaian semi formal atau formal.

      Hapus
    2. Kalau cwek nya udh ga perawan zah gak mbak

      Hapus
  8. Assalamualaikum mba, salam kenal. kalau boleh tau dulu mba di kesatuan mana saat pengajuan nikah kantor??

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam. halo mbak inneke. saya waktu pengajuan di MABES AU.

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Ass mba maff mau tanya nih.
    kalau pertanyaan dari intel itu apakah brupa lisan aja atau tulisan aja? Mksi ya sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Ada cukup banyak form yang harus kita isi, dan pertanyaan yang harus dijawab kurang lebihnya mengenai latar belakang diri kita. Semoga Bermanfaat. :)

      Hapus
  11. Ass mba, klo misalkan kita gak bisa jawab pertanyaan pas lg nikah kantor gimana mba, apa masih bisa menikah, trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  12. Ass mba, klo misalkan kita gak bisa jawab pertanyaan pas lg nikah kantor gimana mba, apa masih bisa menikah, trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum
    Ijin tanya kaka, bagaimana jika org tua yg pernah terkena pidana, apakah masi bisa mengajukan ijin nikah untuk menjadi calon persit?
    Terimkasii

    BalasHapus
  14. Assalamualikum mbak saya dian.salam kenal mbak alhamdulillah nemu juga blog seperti ii :D mbak saya ingin privay chat dengan mbak. Bnyak yg ingin saya tanyakan soal ini. Saya akan menikah insya Allah 5 bulan lg. Minta kontak bbm atau line nya mbak terima kasih :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam, Hi Dian.
      Boleh aja. Via email aja dulu ya. Ke emailsiesti@gmail.com.
      Feel free to ask.
      Semoga nggak telat ya.

      Hapus
  15. Assalamualaikum mbak. Saya mau tanya, calon suami yg bekerja di militer2 gni bisa nikah saat udah di tingkat apa sih mba? Makasih

    BalasHapus
  16. Hehehe, alhamdulilah infonya bermanfaat kak... calon saya dinas di makassar dan saya di magetan, hmm lumayan deg deg an bacanya hehe

    BalasHapus
  17. Hehehe, alhamdulilah infonya bermanfaat kak... calon saya dinas di makassar dan saya di magetan, hmm lumayan deg deg an bacanya hehe

    BalasHapus
  18. ass..
    mba saya mau sharing lewat email :D

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum, terimakasih infonya sangat bermanfaat.. 2 bulan lagi sya mau ngajuin.. seandainya ada pertanyaan yg gx kejawab masih bisa di ACC gx yah mba.. deg deg an nih

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum mbk, saya mau nanya klo dresscode buat ke kantor gimana ya mbk saya bingung bgt😅😅

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum mbak dian, saya mau tnya kemaris tes kesehatan nya dimana ?
    Bisa nggak di puskesmas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mba saya ikut bales heee,
      kalo saya dan calon suami tes kshtan d RS TNI AU di Halimperdanakusuma mba,
      tp utk yg lain saya krng tau mba, hee

      Hapus
    2. Itu test dan prosesnya gimana aja ya mbak, calonku juga TNI AU Halim soalnya hehe

      Hapus
    3. Itu untuk proses & test nya apa aja ya mbak, soalnya calonku juga TNI AU Halim hehe

      Hapus
  22. Mbk saya mau tanya tolong di jawab yaa... Jadi calon istri polisi itu tes kehatannya apa saja yaaa... Dan tes nya di kantor apa di rumah sakit... Malsih mbk mohon di jawab

    BalasHapus
  23. nice blog..
    ceritanya mirip sama yg udah kualami
    salam kenal yaa..
    kalo sempat, berkunjung ke blog ku ya

    sucicahyo.blogspot.co.id

    BalasHapus
  24. Yg sy tnykn... Pra intel yg brtgs mlck stts cln istri n klrg it dtg k rmh lgsg ato hny mlck lwt klrhn...

    BalasHapus
  25. Mbak saya mw tanya,lo lulusan smp bisa nikah m tni g! Clon suami saya seorang serda dan lg dinas di yonif 743 soalx 8 bln lg mw pengajuan mhon infox mbak trima kasih

    BalasHapus
  26. Mbak...saya mau tanya,,klo berkas sdh masuk di kodim n brigif tp disitu jg calon suami dipindahkan tugas jauh,itu bagaimana y Mbak??tolong bls y mbak...

    BalasHapus
  27. mbk mau tnya klu nikah kntor itu persaratannya buat calon perempuan klu buat tninya sendiri apa dia g ngumpulin dokumen persyaratan jg sprt ijasah asli,skck,akta asli gt

    BalasHapus
  28. Asslamualaikum mba, saya mau tanya apa benar ada tes psikotes nah terus ad yang bilang juga katanya kalo tes psikotesnya gk lulus kita nya juga gk bisa jadi calon istrinya, apa benar itu mbak?

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum mbak itu buat drescode pakek baju persit itu kita bikin sendiri apa nanti dikasih ya

    BalasHapus
  30. Mbak saya mau tanya kira-kira berapa lama proses pengajuan prnikah. Apakah smpai berbulan"?

    BalasHapus
  31. Assalamualaikm mbak sya mau tanya klo nikh KUA dlu bru nkah ktor gmna y mbak

    BalasHapus
  32. Assalamualaikm mbak sya mau tanya klo nikh KUA dlu bru nkah ktor gmna y mbak

    BalasHapus